Senin, 15 Juli 2024

SMK Islam Yapim Manado Gelar In House Training: Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka 2024


Manado (15/07/2024) - In House Training (IHT) merupakan agenda rutin setiap tahun pelajaran baru. IHT adalah pelatihan internal sekolah untuk meningkatkan kompetensi Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Tema IHT kali ini adalah Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka. 

Kegiatan ini sangat diperlukan untuk diberikan kepada pendidik dan tenaga kependidikan sebagai upaya program pengembangan keprofesian berkelanjutan. Hal ini pun sangat dibutuhkan untuk menjaga kualitas Proses Belajar Mengajar (PBM) dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka serta untuk memaksimalkan kompetensi yang dimiliki oleh guru dan tenaga administrasi sekolah. 

Kegiatan dilaksanakan pada Senin, 15 Juli 2024 bertempat di salah satu ruangan kelas SMK Islam Yapim Manado. Sesuai dengan tema yang diangkat, IHT Penguatan Implementasi Kurikulum Merdeka ini berisikan materi-materi penguatan dalam rangka penyusunan perangkat pembelajaran. Diantaranya penyusunan lembar kerja 1 terkait dengan capaian pembelajaran, lembar kerja 2 terkait tujuan pembelajaran, lembar kerja 3 terkait alur tujuan pembelajaran, dan lembar kerja 4 mengenai penyusunan modul ajar. Selain emapt materi di atas juga terdapat materi-materi suplemen lainnya. Kegiatan IHT ini bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia Pendidik dalam menerapkan Kurikulum Merdeka yang akan dilaksanakan pada tahun pelajaran 2024/2025. Kegiatan ini menghadirkan Dra. Vonny D. Tambuwun, M.Pd sebagai Narasumber dari Pengawas Bina Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulawesi Utara. 

Dalam keterangannya Dra. Vonny D. Tambuwun, M.Pd mengatakan pihaknya sangat mendukung kegiatan in house training yang diseleggarakan oleh SMK Islam Yapim Manado. Selain itu pengawas yang memiliki segudang pengalaman ini juga menyarankan agar SMK Islam Yapim terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya sehingga tetap konsisten melahirkan lulusan-lulusan terbaik yang dapat terserap dalam lingkungan dunia kerja. 

Kegiatan IHT di awali dengan pembukaan dengan membaca basmallah secara bersama-sama, dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 Stanza, doa, dan dilanjutakan sambutan dari Bakri, S.Pd.I., M.Pd.I selaku Kepala SMK Islam Yapim Manado. Dalam pengarahanya kepala sekolah berharap agar bapak dan ibu guru peserta IHT dapat mengikuti kegiatan dengan serius guna mendapatkan bekal untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka di tahun 2024.

0 comments:

Posting Komentar